Saturday 4 June 2016

11 ‘Apa-apa’ Agar Orang Lain Merasa Senang Dan Nyaman Dengan Kita.


Anda dan saya tentu telah bertemu dan kenal dengan begitu banyak orang. Di dalam pertemanan, ada seseorang yang begitu berkesan hingga hati ini sulit sekali ‘move on’, atau malah ada seorang teman yang malah tidak pantas untuk diinggat – ingat. Kok bisa? Ya, karena tidak semua kawan dan kerabat kita memiliki kemampuan berkawan yang menyenangkan. Mungkin kita termasuk salah satu di antaranya. Itu juga mungkin lho.
  
Saya suka sekali mengamati berbagai orang yang pernah berjumpa dan berkenalan dengan saya. Mungkin Anda juga. Dengan kesukaan ini ya bolehlah saya menuliskan apa-apa yang dimiliki oleh kawan-kawan saya itu sehingga mereka bisa begitu berkesan di hati. Bila Anda juga menemukan orang dengan 11 ‘apa-apa’ ini, maka ia adalah kawan yang pantas untuk dirawat dan dijaga selama hidup ini. 11 ‘apa-apa’ ini bisa juga menjadi sedikit kiat dalam hidup agar orang lain senang berkawan dengan kita.

how to make good friends
etsy.com


1.      Suka sekali mendahului salam
Orang seperti ini tidak mau tersalip dalam menebarkan salam. Baginya, mendahului salam adalah cara paling ampuh memulai hari yang baik.


2.      Senyum.
Suka sekali tersenyum menjadikan diri sesorang jauh dari kesan sombong. Dan itu sangat sangat menentramkan.

3.      Ia yang suka mendengarkan. Benar-benar mendengarkan.
Ia tahu bahwa kebutuhan paling mendasar bagi seseorang adalah dipahami. Dan cara terbaik memahami seseorang dengan benar adalah mendengar secara aktif dan tulus tanpa sok tau dan menggurui. Ya ya, ini susah kan yah?

4.      Sama tinggi.
Orang ini selalu berusaha menujukkan sikap terbuka kepada kita. Antusias dan jujur dengan bahasa tubuhnya. Ia tidak meremehkan diri kita sama sekali. 

5.      Mudah sekali memaafkan.
Pertemanan kadang menyisakan perselisihan. Sering kali kita tidak mudah langsung mamaafkan. Dan kita akan merasa sangat senang dan nyaman bila kawan kita itu mudah memaafkan kesalahan kita, melupakannya dan tidak mengungkit-ungkitnya. 

6.      Senang sekali mengucapkan terima kasih.
Baginya sekecil apa pun hal positif yang diberikan kepadanya haruslah diberikan apresiasi. Mengucapkan terimakasih selalu meluncur dari lisannya.

7.      Ia yang bersyukur menjadi dirinya sendiri.
Tidak pernah membandingkan dirinya dengan orang lain. Senang dan Tampak selalu bersemangat menjalani hari.

8.      Suka sekali mengingat nama orang lain.
Mengingat nama orang lain menjadikan orang itu merasa diperhatikan dan penting.

9.      Tidak suka berbohong
Bohong adalah akar semua kejahatan. 

10.  Peduli
Satu diantara sekian banyak rahasia mencapai kebahagian adalah peduli kepada sesama. Kawan kita ini sungguh-sungguh meyakininya.

11.  Menjaga kebersihan.
Kebersihan diri dan lingkungan menjadi perhatian hidupnya. Secara tidak langsung tentu akan berdampak bagi kita kawannya.

Semoga bermanfaat.
 

1 comment: